26
Feb

Mengenal Zabivaka, Maskot Resmi Piala Dunia 2018 yang Gesit dan Penuh Percaya Diri

Sabtu, 26 Oktober 2016 lalu, Rusia memperkenalkan Zabivaka sebagai maskot Piala Dunia 2018 secara resmi. Zabivaka digambarkan sebagai seekor serigala berbulu cokelat yang mengenakan kaos putih berlengan biru dengan tulisan “RUSSIA 2018”. Dalam bahasa Rusia, nama Zabivaka memiliki arti “sang pencetak gol”. Nama tersebut cocok untuk menggambarkan sang maskot berkacamata olahraga oranye yang gesit, memancarkan kesenangan, pesona dan kepercayaan diri.

Zabivaka

Sumber: vexels.com

Mengapa Piala Dunia Perlu Maskot?

Meski piala dunia sudah diadakan sejak tahun 1930, penggunaan maskot ini baru dilakukan pada tahun 1966. Tujuan penggunaan maskot dalam piala dunia adalah sebagai bentuk kampanye dan promosi ajang sepak bola dunia ini kepada masyarakat dunia. Maskot piala dunia ini memiliki desain berbeda-beda sesuai dengan negara penyelenggaranya. Desain tersebut mengusung ciri khas dari masing-masing negara tuan rumah seperti kostum, flora, fauna, atau ciri lainnya. Hingga jelang Piala Dunia 2018, setidaknya sudah ada 14 maskot yang telah diperkenalkan.

Maskot pertama piala dunia adalah World Cup Willy dari negara Inggris. Digambarkan sebagai singa Kerajaan Inggris yang mengenakan kaos Union Jack dengan kata “WORLD CUP”. Sedangkan maskot Zabivaka pada piala dunia kali ini, sang serigala mengenakan kaos dan celana dengan kombinasi warna putih, biru, dan merah yang mewakili warna kostum dari tim nasional Rusia.

Proses Penentuan Pemilihan Maskot Piala Dunia 2018

Dalam Piala Dunia 2018, penentuan maskot serigala Zabivaka diperoleh melalui polling secara online melawan 2 kandidat maskot lainnya, yaitu kucing Rusia dan harimau Siberia. Zabivaka didesain oleh Ekaterina Bocharova, mahasiswa desain grafis di Tomsk State University. Sedangkan dua maskot lainnya, yaitu kucing diciptakan oleh seorang mahasiswa Universitas Novgorod bernama Sofia Podlesnykh dan harimau diciptakan oleh murid dari Universitas Teknologi Universitas St. Petersburg dan Desain Valeriya Taburenko.

Lebih dari satu juta orang Rusia memberikan suara mereka di FIFA.com selama periode pemilihan yang berlangsung sebulan penuh. Pengumuman hasil pemungutan suara ini dilakukan pada acara Malam Urgant di Perviy Kanal yang diselenggarakan tanggal 22 Oktober 2016. Kemenangan mutlak diperoleh serigala dengan mengantongi suara sebesar 53%, mengalahkan harimau yang hanya memperoleh 27% suara, dan kucing 20% suara.

Tentang Ekaterina Bocharova, Pencipta Serigala Zabivaka

Ekaterina

Sumber: fifa.com

Ekaterina Bocharova lahir di kota kecil Kedrovy, di Siberia Barat. Pada tahun kedua sekolah dasar, dia dan keluarganya pindah ke Strezhevoy yang memiliki populasi penduduk lebih besar. Mahasiswi Universitas Negeri Tomsk ini harus menempuh jarak 3.500 km untuk mencapai ibu kota Rusia demi menghadiri upacara resmi pada tahap awal kampanye maskot.

Kampanye pemilihan Maskot Resmi Piala Dunia FIFA 2018 dimulai pada bulan April 2015. Ada 10 Maskot Resmi yang dapat dipilih oleh peserta kompetisi, yaitu seekor harimau Amur, Bogatyr (seorang tokoh legendaris abad pertengahan Rusia), serigala, macan tutul Timur Jauh, seekor firebird, alien, kosmonot, kucing, beruang dan robot. Dari kesepuluh pilihan maskot tersebut, Ekaterina memilih karakter serigala. Dia memilih serigala karena terinspirasi dari anjing terrier Airedale kesayangannya yang bernama Tyson.

Biografi Zabivaka

Berikut biografi maskot ciptaan Ekaterina Bocharova:

  • Zabivaka sosok yang menawan, penuh percaya diri, dan memiliki mimpi menjadi bintang sepakbola.
  • Sepakbola adalah olahraga favorit Zabivaka. Dia merupakan pemain yang adil. Zabivaka menghargai anggota timnya dan menghormati lawan-lawannya.
  • Serigala Zabivaka bermain dengan terampil dan memiliki tujuan permainan yang jelas.
  • Sosok Zabivaka selalu tampil ceria dan menyenangkan orang sekitarnya.
  • Selalu tampil keren dengan kacamata olahraga di kepalanya, Zabivaka tidak lupa mengabadikan aksinya dengan berpose dalam foto.

Peran Serigala Zabivaka di tengah pertandingan Piala Dunia 2018 diharapkan tidak hanya mempromosikan acara tersebut dan menghibur penonton di stadion, namun juga menjadi duta besar bagi Rusia.

Agen Piala Dunia 2018