1
Mar

7 Momen Tragis Sepanjang Sejarah FIFA Hingga Piala Dunia 2018

Pada 14 Juni-15 Juli 2018 nanti, ajang perhelatan Piala Dunia 2018 akan kembali digelar. Piala Dunia FIFA 2018 ke-21 yang melibatkan 32 tim nasional ini rencananya akan diadakan di Rusia. Ajang perhelatan Piala Dunia selalu meninggalkan banyak kesan bagi pemain maupun penikmat sepakbola di seluruh dunia.

Masih melekat dalam ingatan peristiwa yang terjadi pada laga terakhir grup D Piala Dunia 2014 lalu, ketika pemain penyerang tim Uruguay, Luis Suarez, menggigit bahu Giorgio Chiellini, bek dari tim nasional Italia. Selain peristiwa Luis Suarez, banyak momen tak terlupakan yang terjadi selama pertandingan sepakbola dunia berlangsung.

Berikut beberapa momen tragis sepanjang sejarah piala dunia yang berhasil kami rangkum:

1. Tim Jerman Barat Kalahkan Tim Unggulan Piala Dunia 1954

Sempat memimpin pertandingan dengan skor 2-0 pada babak pertama, tim nasional Hungaria harus mengakui kekalahan setelah tim Jerman Barat berhasil membalikkan keadaan. Gol yang dicetak oleh Helmut Rahn, stiker Jerman, dari jarak 20 yards menjadi penentu kemenangan bagi Jerman Barat. Meski tim Hungaria sempat berhasil menyamakan kedudukan di menit terakhir, namun wasit menganggap tendangan tersebut offside. Pertandingan berakhir dengan skor 3-2 bagi Jerman Barat.

2. Pemain Prancis, Patrick Battiston Alami Koma di Piala Dunia 1982

Battiston

Sumber: blogspot.com

Mungkin tidak banyak orang yang tahu peristiwa ini, namun para pendukung tim Prancis pasti akan selalu mengingatnya.  Pemain tim nasional Prancis, Patrick Battiston, mengalami retak tulang rusuk, kerusakan pada tulang belakang, kehilangan 3 gigi, dan beberapa kali koma setelah bertabrakan dengan kiper Jerman Barat, Toni Schumacher. Tidak ada sanksi yang diberikan oleh wasit kepada Jerman Barat. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Jerman Barat dalam adu penalti.

3. Gol Kontroversi Diego Maradona di Piala Dunia 1986

Maradona - God's Hand Goal

Sumber: fourfourtwo.com

Gol yang dicetak oleh pemain Argentina ini menjadi kontroversi karena dilakukan dengan cara yang tidak lazim. Diego Maradona mencetak gol ke gawang Inggris dengan tangannya dan mendapat julukan Hand of God karenanya.

4. Bek Kolombia Terbunuh Usai Cetak Gol Bunuh Diri di Piala Dunia 1994

Pada Piala Dunia 1994, Kolombia harus pulang setelah gagal melewati babak penyisihan ketika melawan tim tuan rumah Amerika Serikat karena gol bunuh diri yang dicetak Andres Escobar. Bek Kolombia ini kemudian ditemukan tewas terbunuh di Medellin dengan luka tembak. Hasil penelusuran pihak berwajib, peristiwa pembunuhan ini berkaitan dengan narkoba dan judi.

5. Zinedine Zidane Mendapat Kartu Merah pada Piala Dunia 2006

Zidane

Sumber: usatftw.com

Dalam sejarah piala dunia, kasus Luis Suarez bukanlah yang satu-satunya terjadi. Pada ajang Piala Dunia  2006, penyerangan pada pemain lawan juga dilakukan oleh pemain legenda internasional, Zinedine Zidane. Pemain asal Prancis ini menanduk bek Italia Marco Materazzi karena terprovokasi oleh ucapannya yang dikabarkan menghina ibu sang stiker.

6. Brazil Kalah Telak oleh Jerman di Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 di Belo Horizonte, Brazil, menjadi pertandingan paling memalukan yang dialami tim nasional Brazil. Sebagai tuan rumah, tim samba menjadi tim terburuk dalam sejarah piala dunia dengan kebobolan 14 gol selama Piala Dunia 2014 berlangsung. Tujuh gol diantaranya terjadi ketika melawan Jerman saat pertandingan semi final dan menjadi aib terbesar sepanjang sejarah sepakbola dunia bagi Brazil.

7. Kegagalan Der Oranje Lolos ke Piala Dunia 2018

Kekalahan demi kekalahan terus dialami oleh tim nasional Belanda dalam ajang penyisihan Piala Dunia 2018. Meski memiliki poin yang sama dengan Swedia pada klasmen akhir Grup A, selisih gol membuat Swedia unggul dan lolos ke babak play-off . Kegagalan Belanda ini mengulang peristiwa 2002 saat tim Der Oranje juga kalah dari Portugal dan Irlandia saat babak penyisihan. Kegagalan kali ini membuat Arjen Robben, kapten Belanda mundur dari timnas.

Meski banyak diwarnai dengan peristiwa-peristiwa tragis, gempita Piala Dunia 2018 tetap dinantikan oleh penggemar sepakbola di seluruh penjuru dunia.

Agen Piala Dunia 2018